Wednesday, January 19, 2011

Sebuah sistem manajemen database relasional (RDBMS) adalah


Sebuah sistem manajemen database relasional (RDBMS) adalah database management system (DBMS) yang didasarkan pada model relasional yang diperkenalkan oleh EF Codd. Paling populer sumber database komersial dan terbuka yang sedang digunakan didasarkan pada model database relasional.

Definisi singkat dari sebuah RDBMS mungkin DBMS di mana data disimpan dalam bentuk tabel dan hubungan antara data juga disimpan dalam bentuk tabel.

Sebuah database relasional cocok data dengan menggunakan karakteristik umum ditemukan dalam kumpulan data. Kelompok-kelompok data yang dihasilkan diatur dan lebih mudah bagi banyak orang untuk mengerti.

Sebagai contoh, suatu kumpulan data yang berisi semua transaksi real-estate di kota dapat dikelompokkan pada tahun transaksi terjadi, atau dapat dikelompokkan dengan harga jual transaksi; atau dapat dikelompokkan dengan nama belakang pembeli; dan sebagainya.

Seperti pengelompokan menggunakan model relasional (istilah teknis untuk ini adalah skema). Oleh karena itu, seperti database disebut "relational database."

Perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan pengelompokan ini disebut sistem manajemen database relasional (RDBMS). The "relational database" istilah yang sering merujuk pada jenis perangkat lunak.

Database relasional saat ini merupakan pilihan utama dalam menyimpan catatan keuangan, catatan medis, manufaktur dan informasi logistik, data personil dan banyak lagi.


Relasi didefinisikan sebagai satu set tupel yang memiliki atribut yang sama. Tuple biasanya merupakan suatu obyek dan informasi tentang objek tersebut. Objek biasanya benda-benda fisik atau konsep. Suatu relasi biasanya digambarkan sebagai sebuah meja, yang disusun dalam baris dan kolom. Semua data direferensikan oleh atribut berada dalam domain yang sama dan sesuai dengan kendala yang sama.

Model relasional menetapkan bahwa tupel dari relasi tidak memiliki urutan tertentu dan bahwa tuple, pada gilirannya, memaksakan tidak teratur pada atribut. Akses data Aplikasi oleh query menentukan, yang menggunakan operasi seperti pilih untuk mengidentifikasi tuple, proyek untuk mengidentifikasi atribut, dan bergabung untuk menggabungkan hubungan. Hubungan dapat diubah dengan menggunakan menyisipkan, menghapus, dan memperbarui operator. Tuple baru dapat menyediakan nilai-nilai eksplisit atau berasal dari query. Demikian pula, pertanyaan mengidentifikasi tuple untuk memperbarui atau menghapus. Hal ini diperlukan untuk setiap tuple dari relasi untuk secara unik diidentifikasi oleh beberapa kombinasi (satu atau lebih) dari nilai atribut tersebut. Kombinasi ini disebut sebagai primary key.

Dalam sebuah database relasional, semua data disimpan dan diakses melalui hubungan. Hubungan yang menyimpan data disebut "hubungan dasar", dan dalam implementasi yang disebut "tabel". Hubungan lain tidak menyimpan data, namun dihitung dengan menerapkan operasi relasional hubungan lain. Hubungan ini kadang-kadang disebut "hubungan turunan ". Dalam implementasi ini disebut "pandangan" atau "query". Berasal hubungan yang nyaman di bahwa meskipun mereka dapat mengambil informasi dari beberapa relasi, mereka bertindak sebagai relasi tunggal. Juga, hubungan yang diturunkan dapat digunakan sebagai lapisan abstraksi.

Sebuah domain menggambarkan set nilai yang mungkin untuk atribut tertentu, dan dapat dianggap sebagai kendala pada nilai atribut. Secara matematis, melampirkan domain untuk atribut berarti bahwa setiap nilai atribut harus merupakan elemen dari set yang ditentukan.

Data karakter nilai, 'ABC' misalnya, tidak dalam domain integer. Nilai integer 123, memenuhi kendala domain.


Kendala memungkinkan untuk lebih lanjut membatasi domain dari atribut. Misalnya, kendala yang dapat membatasi atribut yang diberikan kepada nilai-nilai integer antara 1 dan 10. Kendala menyediakan satu metode untuk melaksanakan aturan-aturan bisnis dalam database. SQL mengimplementasikan fungsi kendala dalam bentuk kendala cek.

Kendala membatasi data yang dapat disimpan dalam hubungan. Ini biasanya didefinisikan dengan menggunakan ekspresi yang menghasilkan nilai boolean, atau tidak mengindikasikan apakah data memenuhi kendala. Kendala dapat berlaku untuk atribut tunggal, untuk sebuah tuple (membatasi kombinasi atribut) atau ke seluruh relasi.

Karena setiap atribut memiliki domain yang terkait, ada kendala (kendala domain). Dua aturan utama untuk model relasional dikenal sebagai integritas entitas dan integritas referensial.

Kunci primer unik mendefinisikan hubungan di dalam database. Agar atribut untuk menjadi kunci primer yang baik tidak harus mengulang. Sementara atribut alami kadang-kadang kunci primer yang baik, pengganti kunci sering digunakan sebagai gantinya. Sebuah kunci pengganti adalah atribut buatan ditugaskan untuk sebuah obyek yang unik mengidentifikasi itu (misalnya, dalam sebuah tabel informasi tentang siswa di sekolah mereka semua mungkin diberi ID Mahasiswa dalam rangka untuk membedakan mereka). Tombol pengganti tidak memiliki arti (yang melekat) intrinsik, melainkan berguna melalui kemampuannya untuk secara unik mengidentifikasi sebuah tuple.

Lain yang umum terjadi, terutama dalam hal N: kardinalitas M adalah kunci komposit. Sebuah kunci komposit adalah kunci terdiri dari dua atau lebih atribut dalam tabel yang (bersama-sama) secara unik mengidentifikasi record. (Sebagai contoh, dalam database yang berkaitan siswa, guru, dan kelas Kelas dapat diidentifikasi secara unik dengan kunci komposit nomor kamar mereka dan slot waktu, karena tidak ada kelas yang lain bisa persis kombinasi atribut yang sama.. Bahkan, penggunaan kunci komposit seperti ini dapat menjadi bentuk verifikasi data, meskipun satu lemah.)

Pertanyaan dibuat terhadap basis data relasional, dan relvars diturunkan dalam database disajikan dalam kalkulus relasional atau aljabar relasional. Dalam aljabar relasional asli nya, Codd memperkenalkan delapan operator relasional dalam dua kelompok dari empat operator masing-masing. Empat operator pertama didasarkan pada operasi set tradisional matematis:
Operator serikat menggabungkan dua tupel relasi dan menghapus semua duplikat tupel dari hasilnya. Operator relasional serikat setara dengan operator UNION SQL.
Operator persimpangan menghasilkan himpunan tupel yang dua hubungan saham yang sama. Persimpangan diimplementasikan di SQL dalam bentuk operator INTERSECT.
Perbedaan Operator bekerja pada dua hubungan dan menghasilkan set tupel dari relasi pertama yang tidak ada dalam hubungan kedua. Selisih diimplementasikan di SQL dalam bentuk KECUALI atau operator MINUS.
Produk kartesian dua hubungan adalah join yang tidak dibatasi oleh kriteria, sehingga dalam setiap tupel dari relasi pertama yang dicocokkan dengan setiap tuple dari relasi kedua. Produk kartesian diimplementasikan di SQL sebagai CROSS JOIN bergabung operator.

Operator yang tersisa diusulkan oleh Codd melibatkan operasi khusus yang spesifik untuk database relasional:
Pemilihan, atau pembatasan, operasi mengambil tupel dari relasi, membatasi hasil untuk hanya mereka yang memenuhi kriteria tertentu, yaitu subset dari segi teori himpunan. Setara SQL seleksi adalah pernyataan query SELECT dengan klausa WHERE.
Operasi proyeksi hanya ekstrak atribut yang ditetapkan dari tuple atau set tupel.
Operasi bergabung didefinisikan untuk database relasional sering disebut sebagai join natural. Dalam jenis ini bergabung, dua hubungan dihubungkan dengan sifat-sifat umum mereka. SQL pendekatan tentang sebuah alam join INNER JOIN bergabung operator.
Divisi Operasi relasional adalah operasi sedikit lebih kompleks, yang melibatkan dasarnya menggunakan tupel dari satu relasi (dividen) untuk partisi hubungan kedua (pembagi). Divisi Operator relasional secara efektif kebalikan dari operator produk kartesian (maka nama).

operator lain telah diperkenalkan atau diusulkan sejak diperkenalkan Codd's dari delapan asli termasuk operator perbandingan relasional dan ekstensi yang menawarkan dukungan untuk data bersarang dan hirarkis, antara lain.

Normalisasi pertama kali diusulkan oleh Codd sebagai bagian integral dari model relasional. Ini mencakup seperangkat praktek terbaik yang dirancang untuk menghilangkan duplikasi data, yang pada gilirannya mencegah manipulasi data anomali dan hilangnya integritas data. Bentuk yang paling umum diterapkan normalisasi database disebut bentuk normal. Normalisasi perdagangan mengurangi redundansi untuk entropi informasi meningkat. Normalisasi dikritik karena meningkatkan overhead kompleksitas dan pengolahan yang diperlukan untuk bergabung dengan berbagai tabel yang mewakili apa yang konseptual satu item

Database relasional, seperti yang diterapkan dalam sistem manajemen database relasional, telah menjadi pilihan utama untuk menyimpan informasi dalam database baru yang digunakan untuk catatan keuangan, manufaktur dan informasi logistik, data personil dan banyak lagi. Database relasional sering diganti warisan database hirarkis dan database jaringan karena mereka lebih mudah untuk memahami dan menggunakan, meskipun mereka jauh kurang efisien. Sebagai daya komputer telah meningkat, inefisiensi yang database relasional, yang membuat mereka tidak praktis pada jaman dulu, telah sebanding dengan kemudahan penggunaan. Namun, database relasional telah ditantang oleh Object Database, yang diperkenalkan dalam upaya untuk mengatasi ketidakcocokan impedansi object-relational dalam database relasional, dan database XML.

Tiga vendor terkemuka komersial database relasional adalah Oracle, Microsoft, dan IBM. Ketiga terkemuka implementasi open source MySQL, PostgreSQL, dan SQLite.

No comments:

Post a Comment

.::BY JUMBHO-MY AT HOME IN THE JEPARA CITY OF BEAUTIFUL::.